Minggu, 20 Mei 2012

Matilda karya Roald Dahl

Ini adalah novel anak. Diterbitkan pertama kali oleh Gramedia Pustaka Utama bulan September 1991. Novel ini sangat bagus terutama untuk menambah minat baca anak-anak. Berbagai bacaan referensi buku-buku  anak-anak bermutu ditampilkan di dalam buku ini, ini tentunya jika anak kita kritis membacanya, lantas akan berburu buku-buku yang pernah dibaca oleh sang tokoh Matilda seperti :
      - Kisah Dua Kota karangan Charles Dickens
      - Oliver Twist karangan Charles Dickens
      - Jane Eyre karangan Charlotte Bronte
      - Kesombongan dan Prasangka karangan Jane Austen
      - Mesin Waktu karangan HG. Wells
      - Laki-laki Tua dan Laut karangan Ernest Hemingway
      - Peternakan Binatang karangan George Orwell, dll.
Memang disini tokoh Matilda diceritakan anak perempuan berumur empat tahun tiga bulan yang sudah pintar membaca dan sudah bisa menceritakan kembali buku apa yang dibacanya. Tiap saat memanfaatkan waktunya untuk membaca buku di perpustakaan. Dari membaca buku, Matilda lantas tumbuh menjadi anak yang banyak akal. dan ironisnya di rumah hanya ada satu buku yang berjudul Memasak secara Mudah, dan itu sudah dihapalkannya, sehingga ketika meminta ayahnya membelikan buku, ayahnya mengatakan sebagai anak manja. Maka jalan satu-satunya adalah ketika di rumah sendirian akibat kakak, ayah dan ibunya pergi dengan urusan masing-masing, Matilda pergi ke perpustakaan umum di desanya.
Masalah datang ketika Matilda lantas dimasukkan di sekolah dan bertemu dengaan Miss Trunchbull, kepala sekolahnya yang sangat kejam, dan Miss Honey yang sangat disukainya karena selalu berempati dengan apa yang disukai oleh Matilda..
Buku ini sangat layak untuk dibacakan oleh putra-putri anda yang masih berusia Sekolah Dasar guna merangsang betapa pentingnya untuk memanfaatkan waktu dengan membaca buku.
Silahkan yang berminat untuk membeli di toko buku langganan anda, dan buku Matilda ini sudah ada di rak Rumah Buku Langit Timur pula.
Selamat membaca buku..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar