Selasa, 17 Juli 2012

Atheis Karya Achdiat K. Mihardja

Kepuasan telah berganti dengan kehampaan, dan harapan telah berubah menjadi kekecewaan.
Kadang dunia serasa akan berubah bagiku. Seakan-akan Rusli telah memberi suatu kacamata yang lain kepadaku untuk meninjau dunia dengan cara lain. Perasaan hampa dan gelisah itu menemani aku terus...

Novel mengasyikkan ini bercerita tentang kebimbangan seorang bernama Hasan, dimana ia harus memilih antara tetap berada di jalan agama yang telah diajarkan oleh orang tuanya sejak kecil, atau memasuki alam pikiran buah dari pergaulannya dengan Rusli yang menggiring kuat ke arah menjadi seorang atheis.
Tetapi perjalanan tidak hanya sampai disitu, perkenalan dengan seorang wanita bernama Kartini cukup memporakporandakan alur hidupnya yang semula tenang menjadi kalang kabut dimana cinta itu bergerak ke arah hatinya. Jatuh cinta membuat Hasan harus menyesuaikan dengan pergaulan dengan teman-temannya. 
Pertentangan-pertentangan ini menyebabkan Hasan harus mengalami pertentangan batin yang sangat hebat. Apalagi masalah kembali menjadi bertambah runyam ketika Anwar, seorang seniman yang cukup berkaliber juga menaruh hati dengan Kartini.
Nah dengan membaca buku terbitan Balai Pustaka ini pembaca akan dapat menjawab pertanyaan besar, apakah Hasan dapat mempertahankan hubungan cintanya dengan Kartini, jua pertanyaan lain, apakah Hasan lantas menjadi seorang atheis..??
Jawaban ada di dalam buku fenomenal karya seorang pengarang besar yang terbit pertama kali pada tahun 1949 oleh penerbit Balai Pustaka Jakarta ini.

To be or not to be!
To kill or not kill!
And he kills!
He kills
And you?!
You?!

1 komentar:

  1. bang judul buku ini jg kan udah di film kan sjuman djaya ya

    BalasHapus