Kamis, 19 Juli 2012

Aku karya Sjuman Djaya


Seekor kuda paling binal,
berbulu putih dan rambut kuduk tergerai
berlari di pusat kota,
Jakarta!
Tidak peduli pada yang ada,
sekelilingnya,
juga tidak pada manusia
Dia meringkik alangkah dahsyatnya,
menapak dan menyepak alangkah merdekanya.
Dunia ini,
seolah cuma menjadi miliknya!
dan sekaligus seolah dia bicara :
    Kalau sampai waktuku
    kumau tak seorang kan merayu
    tidak juga kau
    tak perlu sedu sedan itu
    aku ini binatang jalang
    dari kumpulannya terbuang
Gaung suara ini
membelah langit
membelah bumi.
 
Ketika film Ada Apa Dengan Cinta yang melambungkan nama Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra meledak, buku inipun lantas banyak dicari anak-anak muda. Bagaimana tidak secara tidak langsung buku ini membuntuti sebagai sebuah iklan dari film tersebut. Ditenteng oleh tokoh Rangga (Nicholas Saputra) kesana kemari dan banyak sekali dishoot.
Buku ini memang menjadikan kita yang membacanya menjadi lebih pemberani, dan punya daya dobrak dan itulah memangnya seharusnya anak muda bangsa Indonesia. 
Buku ini berisi tentang perjalanan hidup seorang seniman besar Chairil Anwar (yang membuat puisi populer berjudul 'Aku').Semasa hidupnya Chairil Anwar tidak pernah dihargai oleh para kritikus. Ia dianggap seniman yang bombastis, liar dan penyair yang merusakkan nilai sastra dengan bahasa yang lugas, tegas dan tanpa dihias-hias. Tetapi setelah ia wafat, semua kritikus memujinya dan mengakuinya sebagai pelopor pembaharu seni sastra di Indonesia.
Tidak mengherankan jika lantas Bung Sjuman tertarik untuk menulis sbuah skenario tentang hidup Chairil Anwar. Ia menganggap bahwa setiap kenangan akan kehadiran sang penyair dan setiap pembacaan kembali sajak-sajaknya akan selalu menggugah dinamika dalam kehidupan. Tetapi sayang sekali bahwa skenario ini tidak jadi dilaksanakan dalam bentuk film. Namun tak dapat disangkal bahwa skenario ini merupakan salah satu karya terpenting Sjuman Djaya yang menempatkannya di jajaran para seniman besar di Indonesia
Selamat membaca dan menyelami dari profil seniman Chairil Anwar yang puisinya sering kita nikmati di setiap lomba pembacaan puisi..

12 komentar:

  1. assalamualaikum wbt
    maaf menganggu..
    saya dari maaysia, novel ini ada tak di malaysia???

    BalasHapus
  2. Kini di Malaysia sudah ada.. Di keluarkan oleh Dubook Press.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, kat mana ada novel ni? Dubook press outlet kat mana? Boleh bagitau thanks

      Hapus
  3. Kalo mau baca online di mana?kasih linknya......kalo beli,beli di mana?

    BalasHapus
  4. Di bukalapak banyak tuh yg ngejual

    BalasHapus
  5. aku aku bukanlah waktu yg berputar tampa roda.
    aku aku hnyalah mnusia yg terbiasa dgn dosa dosa.

    BalasHapus
  6. aku aku bukanlah waktu yg berputar tampa roda.
    aku aku hnyalah mnusia yg terbiasa dgn dosa dosa.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum.
    Boleh tanya, dimana saja bisa dapatkan buku ini. B sudah cari keliling tapi susah sekali dapat.

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum.
    Boleh tanya, dimana saja bisa dapatkan buku ini. B sudah cari keliling tapi susah sekali dapat.

    BalasHapus