Jumat, 18 Mei 2012

Catatan Harian Anne Frank - Otto H. Frank dan Mirjam Pressler

Catatan Harian Anne Frank adalah sebuah dokumen abadi dari seorang gadis belia tentang kekejaman NAZI dan Holocaustnya di Amsterdam. 
Anne Frank lahir pada 12 Juni 1929, dan ia memulai mencatat dan mendokumentasikan apa yang disaksikan serta dirasakannya mulai pada usia 13 tahun. Jadi tak heran jika dalam catatan harian ini terkadang muncul sifat manja, kekurangmandirian dan rewel, seperti contohnya ketika berkonflik dengan ibunya,
Anne Frank dikisahkan untuk menghindari kekejaman tentara Nazi yang saat itu menduduki kota Amsterdam bersama keluarganya bersembunyi di Secret Annex. Disitu banyak diceritakan tentang ketegangan ancaman bila ketahuan hingga ditangkap dan dibunuh. Bercampur aduk juga dengan kelaparan, keterasingan dari dunia luar hingga menimbulkan kebosanan. Kesalahpahaman yang berakibat fatal, frustasi yang tak tertahankan dalam keterbatasan ruang geraknya sampai kemudian ia meninggal di penjara di Bergen Belsen sekitar tiga bulan menjelang ulangtahunnya ke 16.
Sebuah kisah abadi yang pernah pula beberapa kali difilmkan pula dan mendapatkan penghargaan dari ajang festival bergengsi.
Bagi yang ingin menikmati bisa mampir dan membacanya di Rumah Buku Langit Timur, Dukuhan rt.01/02 Gunungpring Muntilan Magelang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar