Jumat, 18 Mei 2012

Catatan Seorang Demonstran Karya Soe Hok Gie

Buku ini berisi tentang catatan harian dari seorang tokoh muda bernama Soe Hok Gie. Dengan latar belakang kondisi sosial, politik dan pergaulan era tahun 1960, Gie begitu cermat, tekun sekaligus cerdas dalam mencatat apa yang dialami dan dipikirkannya.
Gie memulai dari kondisi lingkungan kampusnya Universitas Indonesia jurusan Sastra, termasuk aktivitasnya dalam membentuk mahasiswa pecinta alam (MAPALA) bersama rekan-rekannya, sampai mencatat pula dengan kekritisan berpikirnya tentang kepemerintahan Soekarno era tahun-tahun di atas.
Soe Hok Gie sendiri pernah menjadi panutan anak-anak muda saat itu, terutama ketika ia menampilkan pemikiran-pemikirannya di berbagai media. Pemikirannya begitu jauh ke depan, hingga ia sering mendapat julukan sebagai cendekiawan muda.
Sayang sekali pemuda yang penuh cita-cita dan mempunyai visi jauh ke depan ini meninggal pada usia yang masih sangat muda dalam pendakian gunung di puncak Semeru. Makanya buku ini sangat berharga dan menginspirasi bagi para anak muda yang ingin melakukan pergerakan perubahan.
Catatan yang sangat mudah dipahami ini pernah di filmkan oleh Riri Reza dan Mira Lesmana dengan judul GIE pada tahun 2005 dibintangi oleh Nicholas Saputra dan mendapat berbagai macam penghargaan termasuk pula mendapat tempat di hati para pecinta film tanah air.
Bagi yang berminat ingin membacanya bisa di dapatkan di rak Rumah Buku  Langit Timur. Selamat menikmati perjuangan seorang pejuang muda yang selalu gigih menyuarakan kebenaran..
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar