Sabtu, 19 Mei 2012

Humaira Ibunda Orang Beriman - Kamran Pasha

Novel luar biasa. Itulah komentar yang kuucapkan untuk mengungkapkan perasaan membuncah saya ketika habis membaca buku Humaira Ibunda Orang Beriman karya Kamran Pasha ini.
Humaira sendiri adalah sebutan kesayangan Rasulullah untuk sang istri, Aisyah yang berarti pipi kemerah-merahan.
Dibuka dengan perasaan Aisyah yang kesepian setelah ditinggal wafat Rasulullah, ia mengenang sosok yang dikaguminya dengan penuh haru tapi tak terjebak dalam kecengengan. Awal yang sangat indah, dan jarang sekali sudut ini disentuh oleh para penulis.
Kalimah seperti : "Bagaimana mungkin aku, Aisyah, putri Abu Bakar, perempuan paling terkenal pada zamannya, berharap menukar kenangan-kenanganku dengan bumi yang tuli dan bisu..?"
Bagaimana tidak. Aisyahlah saksi yang melihat secara penuh perubahan Muhammad dari seorang manusia lelaki biasa, akhirnya menjadi manusia yang dihormati oleh seluruh umat muslim, tokoh terbesar sepanjang sejarah, namun rendah hati sekaligus menjadi manusia terhormat yang menjadi satu-satunya kekasih Allah.
Namun setelah sang kekasih Allah ini wafat, ia menjadi sebuah monumen di tengah hiruk pikuk pergerakan Islam (ajaran yang dibawa oleh suaminya) dengan segala intrik dan perkembangannya.
Sangat direkomendasikan untuk dibaca, agar kita bisa menjadi lebih tahu, apa yang akan kita perbuat setelah kibaran perjuangan diturunkan agar kita lantas tak terjebak dalam romantisme apalagi powersyndrom...
Buku terbitan Zaman dengan ketebalan 616 halaman ini ditulis dengan riset yang tak main-main dan bisa menjadi acuan langkah di usia senja kita. 
Buku ini sudah berada di rak Rumah Buku Langit Timur dan siap untuk dipinjamkan kepada siapa saja yang berminat ingin membacanya. Semoga bermanfaat. amin.

2 komentar:

  1. salam,

    bolehkah bukunya saya beli?

    klw tidak boleh, berapa lama bukunya boleh dipinjam?

    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. salam,

    bolehkah bukunya saya beli?

    klw tidak boleh, berapa lama bukunya boleh dipinjam?

    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus